PENERAPAN METODE MDLC PADA RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI TINGKAT SLTP MATERI RANGKA DAN OTOT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Muhammad Imron Rosadi, Irham Maulidi

Abstract


SLTP (Sekolah Lanjut Tingkat Pertama) ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Secara general, motologi pembelajaran di SLTP (atau Sederajat) adalah diskusi, ceramah, menghapal serta tugas, akibatnya siswa menjadi jenuh dan kurang tertarik. Belum tersedianya aplikasi pembelajaran interaktif serta kurangnya media pembelajaran yang memudahkan dalam mempelajari materi rangka dan otot juga dalam pembelajaran biologi menimbulkan masalah tersendiri antara guru dan murid. Demi meningkatkan minat belajar siswa, penelitian ini mengusulkan membangun media pembelajaran yang dapat menyajikan interaksi yang menarik bagi pengguna karena pengguna dapat merasakan objek virtual secara nyata. Aplikasi ini dibangun dengan software Unity 3D, metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk metode pengembangan software, dan metode penelitian R & D (Research and Development). Berdasarkan hasil uji coba pre-test, siswa memperoleh nilai rata-rata rendah, yaitu 31,1. Namun seletah di lakukan post-test terjadi peningkatan yang sangat baik, yaitu memperoleh nilai rata-rata 68,5.

Keywords


Media Pembelajaran Biologi, SLTP, Rangka dan Otot, Augmented Reality, Metode MDLC

References


I. Aripin and Y. Suryaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality ( AR ) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf Development of Biology Learning Media Using Augmented Reality ( AR ) Technology Based Android in the Concept of Nervous System,” vol. VIII, no. 2, pp. 47–57, 2019.

R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” 2015.

H. S. Zainiyati, “Model Dan Strategi,” Model dan Strateg. pembelajaran aktif Teor. dan Prakt. dalam pembelajaran Pendidik. Agama Islam, p. 222, 2010.

Nurdiyanti, “Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality pada Konsep Sistem Eksresi di Sekolah Menengah Atas,” pp. 89–199, 2017.

U. Bumigora and A. Info, “Aplikasi Visualisasi Sendi Gerak Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile,” pp. 1–12.

A. C. Rosa, H. Sunardi, and H. Setiawan, “Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang,” vol. 10, no. 1, 2019.

J. Sistem et al., “Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama,” vol. 11, no. 2, pp. 124–133, 2020.

Satyaputra and Aritonang, “Let’s build your android apps with android studio,” p. 2016, 2016.

Y. Hendra, “Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2020.

A. SUGIYARTO, “Pengembangan media pembelajaran dengan software interaktif pada kompetensi praktek mengelas jalur lurus posisi bawah tangan mata pelajaran las busur manual di smkn 2 wonosari,” p. 14, 2011.

K. T. Y. Aditya, M. W. A. Kesiman, and G. A. Pradnyana, “Pengembangan Game Edukasi Tematik Aksara dan Bahasa Bali,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 522–533, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/viewFile/522/14044.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v7i1.283

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v7i1.283.g101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Imron Rosadi, Irham Maulidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016