MOBILE AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF JARING-JARING KUBUS DAN BALOK

Olief Ilmandira Ratu Farisi, Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu

Abstract


Materi jaring-jaring bangun ruang pada pelajaran Matematika adalah materi yang tergolong sulit dipahami oleh peserta didik tanpa bantuan alat peraga. Alat peraga konvensional untuk membantu pembelajaran jaring-jaring bangun ruang biasanya terbuat dari kardus atau kertas yang dirakit sedemikan rupa sehingga dapat dibuka menjadi satu jenis jaring-jaring bangun ruang. Alat peraga jaring-jaring bangun ruang tersebut tergolong tidak efektif dan efisien jika digunakan dalam pembelajaran karena membutuhkan persiapan yang lama dan ruang yang besar. Pada penelitian ini diusulkan pemanfaatan mobile augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif jaring-jaring kubus dan balok. Dengan media ini, semua kombinasi jaring-jaring kubus dan balok dapat disimulasikan dalam smartphone Android pengguna tanpa harus membutuhkan persiapan yang lama dan ruang yang besar. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan aplikasi Unity dan Blender. Hasil uji coba pada ahli media, ahli materi, dan pengguna membuktikan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan sebagai pengganti alat peraga konvensional dengan nilai rata-rata total validasi 3.91, 3.79, dan 3.80 untuk masing-masing validator.

References


Harta, Idris. 2011. Pedoman Pembelajaran Geometrid dan Pengukuran Berbasis Kegiatan di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur'aini, I.L, dkk. 2017. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Jurnal Teori dan Terapan Matematika, Vol. 16 No. 2.

Masykur, R., Nofrizal, Syazali, M.. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2.

Nugroho, A.A, dkk. 2017. Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2.

Rusnandi, E., Sujadi, H., and Fauzyah, E.F.N. 2015. Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Infotech Journal, Vol. 1. No. 2.

Supaat. 2008. Pengembangan Simulasi Interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok untuk Kelas IV SD. Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang

Larsen, Yelva C., Buchholz, Hagen, dan Brosda, Constantin. 2011. Evaluation of A Portable and Interactive Augmented Reality Learning System by Teachers and Students. Augmented Reality in Education. EDEN – 2011 Open Classroom Conference.

Owen, Martin, Owen, Sue, Barajas, Mario, dan Trifonova, Anna. 2011. Pedagogic Issues and Questions from the Science Centre to Go, Augmented Reality, Project Implementation. Augmented Reality in Education, EDEN - 2011 Open Classroom Conference.

Merel, Tim. 2016. The Reality of AR/VR Competition. techcrunch.com/2016/10/21/the-reality-of-arvr-competition/, diakses tanggal 6 Juni 2017.

Azuma, Ronald, et al. 2001. Recent Advances in Augmented Reality. Computers & Graphics.

Liarokapis, Fotis. 2002. Multimedia Augmented Reality Interface for E-learning (MARIE). World Transactions on Engineering and Technology Education, Vol. 1. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v3i2.58

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v3i2.58.g41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Olief Ilmandira Ratu Farisi, Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016