ANALISIS PERANCANGAN DAN PENGUJIAN E-PORTOFOLIO SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DAN BLACK BOX TESTING
Abstract
Di era digital yang terus maju, pendidikan mengalami perubahan besar dengan mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk integrasi tersebut adalah penggunaan E-portofolio berbasis web, yang memungkinkan siswa untuk menyimpan karya secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi E-portofolio siswa berbasis website yang dapat membantu siswa SMK dalam membuat dan menyajikan portofolio mereka secara digital. Metode penelitian ini menggunakan metode Waterfall, hal ini dikarenakan salah satu metode pengembangan sistem yang paling tua dan paling terstruktur. Sementara pengujian sistemnya menggunakan metode Black Box Testing dipilih untuk menguji sistem secara menyeluruh tanpa perlu memperhatikan detail kode internal. Dari hasil pengujian, meskipun terdapat beberapa kegagalan terutama pada fitur cetak PDF dan verifikasi karya siswa, aplikasi ini menunjukkan kehandalan dengan rata-rata persentase keberhasilan sebesar 95.56%, kontribusi peneletian ini memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, mempermudah evaluasi oleh guru, dan menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
C. Nisaa’Nasution, S. S. Ramadani Hasibuan, J. Sembiring, L. H. Samura, N. Panjaitan, and J. Vanessa Uli Sembiring, “Penerapan E-Assigment Sebagai Upaya Guru Dalam Memberikan Penilaian Hasil Belajar Berbasis Digital,” J. Educ. Res. Hum., vol. 1, pp. 79–86, 2023.
M. Maskan and A. Fauzi, “Development of Marketing Management Learning Model Based on E-Portofolio,” pp. 80–85.
M. Masluhah and K. R. Afifah, “Electronic Portofolio Sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Siswa di Era Digital,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1883–1896, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2236.
I. Zuhriyah et al., “Analisis Kreativitas Siswa pada Pembuatan Mind Mapping dengan Menggunakan Penilaian Portofolio Materi Sistem Ekskresi,” J. Nat. Sci. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 92–104, 2019.
T. Hartati and I. D. Sintawati, “Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Aplikasi SIPSIBA Studi Kasus SMK Muhammadiyah 10 Jakarta,” Remik, vol. 5, no. 1, pp. 104–110, 2020, doi: 10.33395/remik.v5i1.10711.
A. Alfisyakhrin, I. Nawangsih, and I. Romli, “Sistem Pembayaran SPP pada SMK Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 1100–1110, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1315.
A. Andiriyanto, A. D. Anugerah, and Z. Zarnuji, “Desain Sistem Informasi E-Portofolio Siswa Di Sekolah Sd Lukman Hakim Kabupaten Sumenep,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 2098–2102, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i3.10261.
A. Merdekawati and L. K. Rahayu, “Sistem Pengolahan Nilai Siswa Secara Online,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 6, no. 2, pp. 495–504, 2022.
W. Apriliah, N. Subekti, and T. Haryati, “Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Chiyoda Integre Indonesia Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 2, pp. 34–42, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i2.69.
B. A. Priyaungga, D. B. Aji, M. Syahroni, N. T. S. Aji, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 3, p. 150, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5343.
A. M. Firdaus and D. A. Prabowo, “Aplikasi Pencari Tempat Magang Berbasis Android Menggunakan Metode Agile Scrum,” J. Inform. Upgris, 2022.
DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v9i2.373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 zai fuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.