GAME EDUKASI SIMULASI PENGENALAN REAKSI UNSUR KIMIA DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS VIRTUAL REALITY

Muhammad Fadil Hasan, Fathorazi Nur Fajri, Muafi Muafi

Abstract


Pengembangan game simulasi untuk memfasilitasi pembelajaran reaksi unsur kimia telah menjadi topik yang semakin menarik dalam dunia pendidikan. Jurnal ini membahas penerapan teknologi Virtual Reality (VR) dalam pengembangan permainan simulasi untuk memperkenalkan konsep-konsep kimia kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Metode yang digunakan adalah pendekatan Scrum dalam pengembangan perangkat lunak, memungkinkan pengembangan aplikasi secara iteratif dan efisien. Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran reaksi unsur kimia di sekolah, seperti ketidaktersediaan bahan praktik, keterbatasan anggaran, dan risiko kecelakaan, dengan menyediakan pengalaman interaktif yang mendalam dan aman bagi siswa. Dengan menggunakan Unity Game Engine dan Oculus VR Quest 2, lingkungan simulasi yang realistis dan menarik bagi pengguna berhasil diciptakan. Hasil pengujian yang melibatkan ahli media dan pengguna menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap aplikasi ini. Sebagian besar pengguna menyatakan bahwa aplikasi ini membantu mereka memahami konsep kimia dengan lebih baik dan meningkatkan minat mereka terhadap pelajaran unsur kimia. Temuan menunjukkan bahwa 95,45% dari seluruh responden merasa aplikasi game simulasi ini membantu mereka dalam memahami konsep eksperimen kimia dengan lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi permainan simulasi kimia berbasis VR ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran kimia di sekolah dan memperluas potensi penggunaan teknologi VR dalam pendidikan.

Keywords


Game; Scrum; Siswa; Unity Game Engine; Virtual Reality

References


S. Ristiyanti, “Aksesibilitas Pembelajaran Kimia di Sekolah Menengah Atas,” Inklusi, vol. 7, no. 2, p. 321, 2020, doi: 10.14421/ijds.070207.

E. Bestari, “ANALISIS KENDALA PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI LABORATORIUM SMA NEGERI 1 CIKARANG UTARA,” 2024.

S. Sutrisno, M. Munzil, I. W. Dasna, H. W. Wijaya, and N. C. E. Setiawan, “Optimasi Pembelajaran Kimia Melalui Peningkatan Pemahaman Bersama Dan Pendampingan Bagi Guru Mgmp Kimia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Lumajang,” Bakti Sekawan J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 80–85, 2023, doi: 10.35746/bakwan.v3i2.392.

M. Isman, “Game Edukasi Pengenalan Reaksi Unsur Kimia Dengan Lingkungan Berbasis Android,” 2019.

N. A. Hamid, N. A. Limatahu, M. -, and F. Ibrahim, “Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan Pada Materi Hukum-Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia,” J. Pendidik. Kim. Unkhair, vol. 3, no. 1, pp. 45–52, 2023, doi: 10.33387/jpku.v3i1.6410.

R. Candra and D. Hidayati, “Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA,” Edugama J. Kependidikan dan Sos. Keagamaan, vol. 6, no. 1, pp. 26–37, 2020, doi: 10.32923/edugama.v6i1.1289.

A. H. Maksum and Y. Saragih, “Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium,” J. TIARSIE, vol. 17, no. 2, p. 47, 2020, doi: 10.32816/tiarsie.v17i2.72.

T. L. Hakim, M. Y. Suriyani, A. Paramita, and W. Harliyanti, “Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko untuk Mengendalikan Potensi Kecelakaan Kerja di Laboratorium Klima Dasar Institut Teknologi Kalimantan (ITK),” Sci. Phys. Educ. J. (SPEJ, vol. 7, no. 1, pp. 8–19, 2023, doi: 10.31539/spej.v7i1.8071.

R. Janata, A. T. Priandika, and R. D. Gunawan, “Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 286–294, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2035.

K. Salen and E. Zimmerman, “Rules of Play: Game Design Fundamentals,” vol. 4, no. 2003, pp. 17–19, 2005.

C. Machover and S. E. Tice, “Virtual Reality,” IEEE Comput. Graph. Appl., vol. 14, no. 1, pp. 15–16, 1994, doi: 10.1109/38.250913.

A. (Universitas D. Satria, S. I. (Universitas M. A. Simbolon, and F. (Universitas M. A. Sitinjak, “PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) PADA PEMBELAJARAN SIMULASI PEMBUATAN KOMPUTER DI JURUSAN TEKNIK INFORMASI DAN JARINGAN (TKJ),” vol. 2, no. 3, pp. 33–42, 2023.

P. M. G. Emmelkamp and K. Meyerbröker, “Virtual Reality Therapy in Mental Health,” Annu. Rev. Clin. Psychol., vol. 17, pp. 495–519, May 2021, doi: 10.1146/ANNUREV-CLINPSY-081219-115923.

A. Hussain, H. Shakeel, F. Hussain, N. Uddin, and T. L. Ghouri, “Unity Game Development Engine: A Technical Survey,” Univ. Sindh J. Inf. Commun. Technol. , vol. 4, no. 2, pp. 73–81, 2020.

S. Singh and A. Kaur, “Game Development using Unity Game Engine,” 2022 3rd Int. Conf. Comput. Anal. Networks, pp. 1–6, 2022, doi: 10.1109/ICAN56228.2022.10007155.

Н. В. Моісеєнко, М. В. Моісеєнко, В. С. Кузнецов, Б. А. Ростальний, and А. Ю. Ків, “Teaching computer game development with Unity engine: a case study,” pp. 237–251, Sep. 2023, doi: 10.31812/123456789/8486.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v9i1.365

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v9i1.365.g124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Fadil Hasan, Fathorazi Nur Fajri, Muafi Muafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016