GAME EDUKASI SIMULASI PENGENALAN REAKSI UNSUR KIMIA DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS VIRTUAL REALITY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
S. Ristiyanti, “Aksesibilitas Pembelajaran Kimia di Sekolah Menengah Atas,” Inklusi, vol. 7, no. 2, p. 321, 2020, doi: 10.14421/ijds.070207.
E. Bestari, “ANALISIS KENDALA PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI LABORATORIUM SMA NEGERI 1 CIKARANG UTARA,” 2024.
S. Sutrisno, M. Munzil, I. W. Dasna, H. W. Wijaya, and N. C. E. Setiawan, “Optimasi Pembelajaran Kimia Melalui Peningkatan Pemahaman Bersama Dan Pendampingan Bagi Guru Mgmp Kimia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Lumajang,” Bakti Sekawan J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 80–85, 2023, doi: 10.35746/bakwan.v3i2.392.
M. Isman, “Game Edukasi Pengenalan Reaksi Unsur Kimia Dengan Lingkungan Berbasis Android,” 2019.
N. A. Hamid, N. A. Limatahu, M. -, and F. Ibrahim, “Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan Pada Materi Hukum-Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia,” J. Pendidik. Kim. Unkhair, vol. 3, no. 1, pp. 45–52, 2023, doi: 10.33387/jpku.v3i1.6410.
R. Candra and D. Hidayati, “Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA,” Edugama J. Kependidikan dan Sos. Keagamaan, vol. 6, no. 1, pp. 26–37, 2020, doi: 10.32923/edugama.v6i1.1289.
A. H. Maksum and Y. Saragih, “Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium,” J. TIARSIE, vol. 17, no. 2, p. 47, 2020, doi: 10.32816/tiarsie.v17i2.72.
T. L. Hakim, M. Y. Suriyani, A. Paramita, and W. Harliyanti, “Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko untuk Mengendalikan Potensi Kecelakaan Kerja di Laboratorium Klima Dasar Institut Teknologi Kalimantan (ITK),” Sci. Phys. Educ. J. (SPEJ, vol. 7, no. 1, pp. 8–19, 2023, doi: 10.31539/spej.v7i1.8071.
R. Janata, A. T. Priandika, and R. D. Gunawan, “Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 286–294, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2035.
K. Salen and E. Zimmerman, “Rules of Play: Game Design Fundamentals,” vol. 4, no. 2003, pp. 17–19, 2005.
C. Machover and S. E. Tice, “Virtual Reality,” IEEE Comput. Graph. Appl., vol. 14, no. 1, pp. 15–16, 1994, doi: 10.1109/38.250913.
A. (Universitas D. Satria, S. I. (Universitas M. A. Simbolon, and F. (Universitas M. A. Sitinjak, “PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) PADA PEMBELAJARAN SIMULASI PEMBUATAN KOMPUTER DI JURUSAN TEKNIK INFORMASI DAN JARINGAN (TKJ),” vol. 2, no. 3, pp. 33–42, 2023.
P. M. G. Emmelkamp and K. Meyerbröker, “Virtual Reality Therapy in Mental Health,” Annu. Rev. Clin. Psychol., vol. 17, pp. 495–519, May 2021, doi: 10.1146/ANNUREV-CLINPSY-081219-115923.
A. Hussain, H. Shakeel, F. Hussain, N. Uddin, and T. L. Ghouri, “Unity Game Development Engine: A Technical Survey,” Univ. Sindh J. Inf. Commun. Technol. , vol. 4, no. 2, pp. 73–81, 2020.
S. Singh and A. Kaur, “Game Development using Unity Game Engine,” 2022 3rd Int. Conf. Comput. Anal. Networks, pp. 1–6, 2022, doi: 10.1109/ICAN56228.2022.10007155.
Н. В. Моісеєнко, М. В. Моісеєнко, В. С. Кузнецов, Б. А. Ростальний, and А. Ю. Ків, “Teaching computer game development with Unity engine: a case study,” pp. 237–251, Sep. 2023, doi: 10.31812/123456789/8486.
DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v9i1.365
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v9i1.365.g124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Fadil Hasan, Fathorazi Nur Fajri, Muafi Muafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.