PENGEMBANGAN KAPAL AUTOPILOT UNTUK NELAYAN TRADISIONAL BERBASISKAN JARINGAN LORA DAN PETA PERSEBARAN IKAN

Abdul Gafur, M. D. Artanti, A. F. Santosa, Aminatus Sa'diyah, I Putu Sindhu Asmara, Afif Zuhri Arfianto, Hozairi Hozairi

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan khususnya wilayah laut yang lebih luas dari pada wilayah daratannya. Salah satu sumber daya laut yang berpotensial di Indonesia adalah sektor perikanan. Informasi mengenai data persebaran ikan merupakan informasi yang sangat berguna untuk nelayan dalam menemukan lokasi persebaran ikan. Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) dari kementrian kelautan membuat peta persebaran ikan yang memberikan informasi berupa peta dan koordinat. Begitu pula dengan bahaya di perairan indonesia yang tidak menentu. Badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG), menyajikan informasi mengenai kondisi bahaya yang ada di Indonesia yang meliputi cuaca dan tinggi gelombang. Namun, nelayan kurang bisa memanfaatkannya. Pada penelitian ini dibuat sebuah perangkat navigasi daerah persebaran ikan yang ditujukan untuk para nelayan tradisional daerah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara beserta media informasi berupa peta daerah persebaran ikan dan kondisi bahayanya yang dapat diakses melalui http://188.166.242.227:8888/. Informasi data pada peta daerah persebaran ikan menjadi inputan pada perangkat navigasi berupa data latitude dan longitude yang dikirim melalui gateway ke perangkat navigasi menggunakan komunikasi LoRa. Setelah data diterima, data akan diolah oleh mikrokontroler dan sensor yang digunakan adalah sensor GPS. Hasil penelitian perangkat dapat menghitung jarak lokasi tujuan terhadap lokasi awal dengan tingkat keberhasilan sebesar 99,8317% dan pengukuran sudut target lokasi tujuan dengan tingkat keberhasilan sebesar 99,9798%. Serta jarak komunikasi perangkat navigasi daerah persebaran ikan dengan gateway menggunakan LoRa kurang lebih 1,9 km

Keywords


GPS, LoRa, Peta Daerah Persebaran Ikan, Perangkat Navigasi

References


Mardhatillah, N., Raharjo, M. F., & Olivya, M, “Sistem Informasi zona Potensi penangkapan ikan berbasis GIS di daerah perairan Sulawesi” In Prosiding Seminar Teknik Elektro & Informaika., Makassar, 2016. pp. 31-48.

ICCSR. (2010). Sektor Kelautan dan Perikanan. (I. Mintzer, S. Thamrin, H. Von Luepke, & T. Hertz, Eds.). Jakarta.

Waters, In Pangkep. "Identifikasi dan Prediksi Daerah Penangkapan Ikan Kembung (Rastrelliger spp) di Perairan Kabupaten Pangkep" Amanisal PSP FPIK Unpatti-Ambon., Vol. 2. No.2, November 2013. Hal 55 –65. ISSN.2085-5109

Arief, M., “Aplikasi Data Satelit Resolusi Rendah Dan Sig Untuk Analisa Distribusi Spattial Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) Di Selat Makassar Periode: Juli-Agustus 2004” In Majalah Sains dan Teknologi Dirgantara., Vol. 1. No.4, 2010.

Romimohtarto, K dan S. Juana. (2001). Biologi Laut (Ilmu Pengetahuan Tentang Biologi Laut). Jakarta: Djambatan.

Hidayat, M., “Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Sebagai Campuran Polyurethane Pada Insulasi Palka Kapal Ikan Tradisional” In Surabaya: ITS., Surabaya, 2017.

Damayanti, H., O., “Struktur Usaha Penangkapan Ikan oleh Nelayan Tradisional di Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati” In Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK., Vol. 13. No. 2, 2017. Pp 80-92.

Rahman, A., Santosa, A., W., B., Jokosisworo, S., " KAJIAN TEKNIS DAN EKONOMIS KAPAL IKAN TRADISIONAL 10 GT DIPERAIRAN KENDAL” In Jurnal Teknik Perkapalan., Vol. 2. No.4, 2014.

Aditya, R., “Studi Faktor Oseanografi (Spl, Arus, Gelombang) Dan Meteorologi Pada Perikanan Pancing Kapal Sekoci Di Perairan Sendangbiru Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur (Maret-Mei 2018)” In Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya., 2018.

Ardinata, A., “Rancang Bangun Peta Daerah Penangkapan Ikan Di Pantai Selatan Jawa Timur Dengan Webgis” In In Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya, 2017.

Anggraeni, Lovita Diah Putri, “MONITORING CUACA MARITIM DAN PERSEBARAN IKAN MENGGUNAKAN TEKNIK WEB SCRAPING SERTA EFISIENSI PERHITUNGAN BBM MENGGUNAKAN FORMULA HAVERSINE” In Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta., 2019.

Farid, & Yunus, Y., “Analisa Algoritma Haversine Formula Untuk Pencarian Lokasi Terdekat Rumah Sakit Dan Puskesmas Provinsi Gorontalo” In ILKOM Jurnal Ilmiah., Vol. 9. No. 3, 2017. Pp 353-355.

Arfianto, A. Z., Rahmat, M. B., & Santoso, T., “Kapal Autopilot Berbasis Data Persebaran Ikan” In Zifatama Jawara, 2019.

Budiarto, M. Y., Rahmat, M. B., & Endrasmono, J., “Simulasi Ship Identification Dilengkapi Warning Accident Control Untuk Mengantisipasi Tabrakan Pada Kapal Nelayan”. In Conference On Automation Engineering And It’s Application, Vol 1, No. 2809-7548, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, 2020.

Sistem Prediksi Kelautan (SIDIK). 2018. Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan. Diakses pada 9 November 2023 dari http://118.97.27.101/peta-daerah-penangkapan-ikan-nasional.

Hadi, Hardian, “RANCANG BANGUN LONG AREA (LoRa RA) UNTUK PENGAMAN PADA MOBIL LISTRIK” In Doctoral dissertation, ITN MALANG., 2022.

Virgiani, S. (2021). Rancang Bangun Virtual Digital Asisstant Nelayan Dengan Persebaran Ikan Berbasis Komunikasi LORA RFM95. Tugas Akhir, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v8i2.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdul Gafur, M. D. Artanti, A. F. Santosa, Aminatus Sa'diyah, I Putu Sindhu Asmara, Afif Zuhri Arfianto, Hozairi Hozairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016