PENGEMBANGAN APLIKASI MARKETPLACE IKAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO BERBASIS FRONTEND BACKEND MENGGUNAKAN REACT JS

Moh Ainol Yaqin

Abstract


Dalam kemajuan era Revolusi Industri 4.0 menjadi tantangan besar bagi para pelaku pembudidaya ikan air tawar di Indonesia. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, pembudidaya ikan di masa depan harus lebih siap menghadapi persaingan yang saat ini berlangsung. Budidaya ikan air tawar merupakan usaha pemeliharaan dan pengembangbiakan ikan untuk diambil manfaat dan hasil panennya yang terletak di sungai, sawah, kolam, danau, dan rawa. Salah satu jenis ikan air tawar yaitu ikan lele yang merupakan komoditas yang sangat potensial dan paling banyak di budidaya dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Di Kabupaten Probolinggo saat ini dalam pemasaran hasil ikan lele hanya melalui saudara, rekan kerja, teman ataupun pengepul (collector). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan kemudahan bagi pembudidaya ikan, pembeli, dan dinas perikanan dengan menciptakan aplikasi marketplace ikan di Kabupaten Probolinggo yang dapat menginformasikan hasil panen ke pembeli, pembeli dapat mengetahui, dan dinas perikanan Kabupaten Probolinggo dapat memonitoring dengan mudah. Metode yang digunakan ialah metode agile karena sistem model ini sangat cocok untuk dikerjakan bersama team. Pengembangan aplikasi marketplace ikan ini berbasis website dengan menggunakan react js sebagai frontend backend. Hasil dari uji coba website ini ialah 94% yang artinya website ini telah memenuhi syarat untuk memudahkan pembudidaya, pembeli, dan dinas perikanan Kabupaten Probolinggo


References


L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI J. Ilm. Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 71–75, 2020.

V. Handika, “PERANCANGAN SISTEM MONITORING MULTIPLE NETWORK MENGGUNAKAN PLATFORM ELASTIC STACK (STUDI KASUS: PT. JEDI GLOBAL TEKNOLOGI).” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2020.

A. Subedi, A. Luitel, M. Baskota, and T. D. Acharya, “IoT Based Monitoring System for White Button Mushroom Farming,” in Proceedings, 2019, vol. 42, no. 1, p. 46.

W. F. MEGANDINI, “SISTEM MONITORING PENJUALAN DAN PERSEDIAAN IKAN AIR TAWAR (Studi Kasus: Pembenihan & Budidaya Ikan Air Tawar Ngrajek).” Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022.

M. Pangestika et al., Smart Farming: Pertanian di Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit Andi, 2020.

Q. Li, W. Wang, X. Jiang, D. Lu, Y. Zhang, and J. Li, “Optimizing the reuse of reclaimed water in arid urban regions: a case study in Urumqi, Northwest China,” Sustain. Cities Soc., vol. 51, p. 101702, 2019.

S. Qomariah and A. Zainuddin, “Preferensi Petani dalam Memilih Varietas Bawang Merah di Kabupaten Probolinggo: Sebuah Analisis Multiatribut Fishbein,” Benchmark, vol. 3, no. 2, pp. 97–115, 2023.

D. M. Arisandi and A. B. Sambah, “PEMETAAN POTENSI PENGEMBANGAN PERIKANAN BUDIDAYA DI WILAYAH PESISIR KOTA PROBOLINGGO,” J. LEMURU, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2022.

I. N. B. D. O. K. ULU, “KELAYAKAN FINANSIAL USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DI KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR FINANCIAL FEASIBILTY OF CATFISH FARMING IN BELITANG DISTRICT OGAN KOMERING ULU TIMUR REGENCY VERICO MEITRI KASWARA*, BAYU NUSWANTARA.”

W. Oktavia, A. Sucipto, and R. Rusliyawati, “Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan (Studi Kasus: P3i Lampung),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 8–14, 2021.

A. Lalu Septian Wahyu, “RANCANG BANGUN ‘SDKU ONLINE’ SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG BELAJAR MENGAJAR SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID.” Universitas Mataram, 2023.

L. Iswari, “Penerapan React JS Pada Pengembangan FrontEnd Aplikasi Startup Ubaform,” AUTOMATA, vol. 2, no. 2, 2021.

L. Magdalena et al., AGILE PRACTICE: PERAN TRELLO DALAM ADOPSI AGILE SCRUM PADA PENGEMBANGAN IDE BISNIS START UP. CV. Green Publisher Indonesia, 2023.

I. Hariman and C. Meilisa, “Sistem Informasi Manajemen Training Menggunakan Metode Agile Software Development the Papandayan Hotel Bandung,” Ensains J., vol. 3, no. 1, pp. 60–67, 2020.

Y. I. Chandra, D. R. Irawati, and M. Riastuti, “Penerapan Model Agile–Extreme Programming (XP) Dalam Membuat Aplikasi Pengenalan Daerah Wisata di Wonogiri Berbasis Web,” IKRA-ITH Inform. J. Komput. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 91–100, 2024.

M. Rizki and S. Wahyuni, “IMPLEMENTASI METODE AGILE PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK PT KAIZEN TEKNO PARAHYANGAN BERBASIS WEB,” J. Inform. SIMANTIK, vol. 8, no. 2, pp. 6–12, 2023.

A. Munawir and N. Nugroho, “Penerapan Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Monitoring Pelanggaran Siswa,” J. Ilm. Sist. Inf. Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 69–78, 2023.

A. Pratama and A. Wijaya, “Implementasi Sistem Good Corporate Governance Pada Perangkat Lunak Berbasis Website PT. Pusaka Bumi Transportasi,” Technomedia J., vol. 7, no. 3 Februari, pp. 340–353, 2023.

R. Ranto, “Membangun Frontend Website Sistem Infomasi Pemantauan Dan Peringatan Dini Bencana Tsunami Berbasis Iot Dengan Menggunakan Library Reactjs,” 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v8i2.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Moh Ainol Yaqin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016