PEMODELAN MONTE CARLO DALAM MERAMALKAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN

wanda ilham, widya lelisa army, ilwan syafrinal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan. Tingkat kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi akademik dan pencapaian pembelajaran. Metode simulasi Monte Carlo digunakan dalam penelitian ini karena dapat menghasilkan banyak sampel acak yang bisa merepresentasikan berbagai skenario kehadiran mahasiswa, penelitian ini mampu memberikan perkiraan yang lebih akurat terhadap tingkat kehadiran. Penggunaan sample yang berulang juga akan berpengaruh pada hasil prediksi yang dilakukan. Data kehadiran mahasiswa dalam mata kuliah pemodelan dan simulasi. Selanjutnya, data tersebut digunakan untuk membangun model simulasi Monte Carlo yang sesuai dengan situasi kehadiran mahasiswa. Hasil dari simulasi Monte Carlo menunjukkan distribusi probabilitas tingkat kehadiran mahasiswa dalam berbagai skenario. Dengan adanya informasi ini, perguruan tinggi dapat mengambil tindakan yang tepat dalam meningkatkan tingkat kehadiran mahasiswa

Keywords


Monte Carlo, Mahasiswa, Simulasi, Probabilitas

References


Arif, M. (2017). Pemodelan Sistem. Deepublish.

Hutahaean, H. D. (2018). Analisa simulasi monte carlo untuk memprediksi tingkat kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan (studi kasus: STMIK pelita nusantara). Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Adiguno, S., Syahra, Y., & Yetri, M. (2022). Prediksi Pening-katan Omset Penjualan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 1(4), 275-281.

Saty, F. M. (2016). ANALISIS FINANSIAL DAN RISIKO TEKNOLOGI PISANG KULTUR JARINGAN DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Doctoral dissertation, MAGISTER AGRIBISNIS).

Sapriadi, S., Yunus, Y., & Dari, R. W. (2022). Prediction of the Number of Arrivals of Training Students with the Monte Carlo Method. Jurnal Informasi dan Teknologi, 9-13.W.-K.Chen,LinearNetworksandSystems.Belmont, CA:Wadsworth, 1993, hal. 123–135.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v8i2.322

DOI (Remote (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v8i2.322.g118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 wanda ilham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016