RANCANG BANGUN GAME MATH ADVENTURE 3ARITMATIKA DASAR UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Walidini Syaihul Huda, Minnatin Charizah, Muhammad Imron Rosadi, Selma Karomi Shafira

Abstract


Seiring dengan berkembangnya teknologi di Indonesia seperti sekarang ini, metode pembelajaran aritmatika dasar yang masih konvensional membuat anak cenderung mengalami kejenuhan. Salah satu cara untuk membantu dan melatih ketangkasaan, kecerdasan, imajinasi anak-anak, dan semangat anak-anak untuk belajar yang meningkat adalah dengan menggunakan game edukasi. Maka dari itu, penelitian ini akan membuat game edukasi 3D aritmatika dasar sehingga dapat meningkatkan minat anak terhadap aritmatika dasar karena aritmatika merupakan ilmu yang memiliki peran penting dalam segala aspek kehidupan. Game ini dibangun dengan menggunakan unity3D sebagai game engine dan bahasa pemrograman C#. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi kasus, sedangkan metode pengembangan perangkat lunaknya penulis menggunakan metode waterfall. Dari hasil pengujian sistem yang telah dilakukan, game Math Adventure 3D dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan dari pengujian pretest diperoleh nilai rata-rata 56 sedangkan untuk posttest diperoleh nilai rata-rata 72. Dan yang terakhir dari pengujian kuesioner dengan mengambil 20 anak sekolah dasar yang berumur 7-11 tahun sebagai responden mendapatkan hasil indeks presentase sebesar 85,2%.

References


T. R. A. Amirulloh, M. Risnasari, and P. R. Ningsih, “Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar,” J. Ilm. Edutic, vol. 5, no. 2, pp. 115–123, 2019.

Y. Amrizal and R. Kurniati, “Game Aritmatika Berbasis Android,” 2016.

Isrok’atun, N. Hanifah, Maulana, and I. Suhaebar, Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2020.

Q. J. Adrian and A. Apriyanti, “Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 13, no. 1, p. 51, 2019, doi: 10.33365/jti.v13i1.159.

M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49.

M. Jumarlis, “Implementasi Algortima LCM Pada Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android,” no. April 2013, pp. 107–114, 2016.

M. S. Yulia, “Perancangan Game Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,” vol. 2, pp. 78–85, 2019.

D. Afriyantari and P. Putri, “Edugame Operasi Hitung Matematika untuk Anak Sekolah Dasar ( SD ) Berbasis Android,” vol. 06, no. 2, pp. 85–89, 2019.

S. Asmiatun and A. N. Putri, Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2017.

nyoman I. [et al. . Setiawan, fajaridatiya, anom, Kapita selekta citraleka desain : dialektia seni, desain, dan budaya pada era revolusi Industri, vol. 4. Denpasar Selatan: STMIK STIKOM Indonesia (STIKI Press), 2020.

M. Ridoi, Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2, Tutorial sederhana Construct 2. 2016.

N. Faizatin, Belajar Mengenal Aritmetika. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka, 2012.

S. Asmiatun, N. Wakhidah, and A. N. Putri, Penerapan Teknologi Augmented Reality Dan GPS Tracking Untuk Deteksi Jalan Rusak. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2020.

L. Hakim, “Bahasa Pemrograman C# dan EmguCV.” DEEPUBLISH, Yogyakarta, p. 11, 2018, [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=NHBnDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

A. Zaki, E. Winarno, and C. SmitDev, Animasi Karakter Dengan Blender Dan Unity. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

G. Rahyau and E. Santoso, “Mengurangi Kecemasan Matematika dengan Bermain Game Logika,” THEOREMS (The Orig. Res. Math., vol. 1, no. 2, pp. 31–41, 2017.

R. E. N. Arifah, S. Sukirman, and S. Sujalwo, “Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 6, p. 617, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019661310.

J. Karman, H. Mulyono, and A. Taqwa Martadinata, Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2019.

E. Winarno and A. Zaki, Tip-tip Paling Keren Blackberry dan Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

T. Kristina, “PERANCANGAN APLIKASI GAME PEMBELAJARAN OPERASI PERHITUNGAN MATEMATIKA KELAS 3 SD MENGGUNAKAN UNITY,” vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2021.

U. Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

M. S. Rahman, S. Kom, and M. Kom, “APLIKASI REKAPITULASI KUESIONER HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA STMIK INDONESIA BANJARMASIN MENGGUNAKAN JAVA,” vol. 10, no. 3, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v7i1.279

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v7i1.279.g99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Walidini Syaihul Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016