RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY KAIFATUS SHOLLI BERBASIS ANDROID

ahmad taufiqul imam, Abu Tholib, wali ja'far shudiq

Abstract


ABSTRAK

Sholat merupakan sebuah media perantara komunikasi diantara manusia dengan Allah SWT, proses KBM  mata pelajaran Fiqih khususnya bab yang memuat tentang sholat yang berlangsung serta prakteknya masih  berdasarkan pada buku paket atau modul sehingga murid MI Azzainiyah III merasa cepat bosan dan mengakibatkan murid mudah lupa akan Gerakan dan materi yang disampaikan. Supaya murid ini bisa dengan cepat menangkap materi bab sholat dan tayamum serta dengan mudah mempraktekkannya maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran interaktif yang begitu menarik bagi murid setingkatan MI. Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat belajar serta praktek sholat dan tayamum murid dengan menggunakan aplikasi android yang menggunakan teknologi Augmented Reality yang bisa dioperasikan pada gadget android di era 4.0 saat ini disamping itu dengan adanya aplikasi ini juga bertujuan agar murid MI Azzainiyah III lebih mudah memahami bacaan dan gerakan sholat dan tayamum tanpa mengalami kebosanan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yakni MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yakni, pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan yang terakhir pendistribusian. Pada aplikasi media pembelajaran Augmented Reality Kaifatus Sholli sholat dan tayammum yaitu terdiri lima menu yakni AR camera, Materi, Cara Penggunaan, Tentang Aplikasi, dan Menu Keluar dari aplikasi. Hasil dari pengujian Alpha Test ini mendapatkan rata rata nilai 75%  sangat setuju bahwa aplikasi ini dapat membantu murid kelas dua MI Azzainiyah III dalam meningkatkan semangat belajar, peningkatkan pemahaman sholat dan tayamum dengan cepat dan tepat tanpa mengalami kejenuhan selama proses belajar..

                                                                                                                 

Kata Kunci: augmented reality, aplikasi mobile, Marker, Sholat,


References


DAFTAR PUSTAKA

Drs. Moh. Rifa’i, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. KAB. BANTUL - SEWON, DI YOGYAKARTA, ID: PT. Karya Toha Putra Semarang, 2019.

H. J. Suriadi, F. Firman, and R. Ahmad, “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 165–173, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i1.251.

R. Prasetya, P. Studi, T. Informatika, K. Gedong, P. Rebo, and J. Timur, “Perancangan aplikasi tuntunan tata cara wudhu dan sholat berbasis android,” vol. 02, no. 01, pp. 49–57, 2022.

D. Soetrisno and O. Yoku, “Pengembangn aplikasi pembelajarn biologi pada filum arthropoda dalam kelas insecta aegmneted reality studi kasus dinas pendidikan kabupaten peobolinggi,” Jurnal, vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.

F. Saing and S. Harfiah, “Aplikasi Media Pembelajaran Gerakan Sholat Sunnah Berbasis Augmented Reality,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 3, pp. 204–208, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog/article/view/1083%0Ahttps://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog/article/download/1083/818.

A. Wijaya, W. Rahman, and S. Bahri, “Jurnal Kecerdasan Buatan , Komputasi dan Teknologi Informasi PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

H. Rsud and M. O. H. Saleh, “EFEKTIFITAS PENGKAJIAN KEPERAWATAN BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERAWAT DI RUANG HEMODIALISA RSUD Dr. MOH. SALEH PROBOLINGGO,” vol. 5, no. August, pp. 62–66, 2020.

A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” J. Transform., vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.

R. Efendi, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Untuk Deteksi Pengenalan Tanaman Obat Berbasis Android,” IKRA-ITH Inform., vol. 4, no. 1, pp. 35–45, 2020, [Online]. Available: rizalefendi248@gmail.com.

A. B. Intan Permata Sari, Sri Tria Siska, “Perancangan Aplikasi Pelayanan Gangguan Tv Kabel Berbasis Web Dan Sms Gateway,” J. Pus. Akses Kaji. Teknol. Artifical Intell., vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2021.

A. Darmanto, F. R. Pradhana, D. Muriyatmoko, O. V. Putra, and L. Effendi, “Implementation Of Augmented Reality Procedures For Prayer Using Marker-Based Tracking Method,” Procedia Eng. Life Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.21070/pels.v2i0.1169.




DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v7i2.230.g105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ahmad taufiqul imam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016