APLIKASI "FIRE BUS" SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI KEBERANGKATAN BIS SECARA REALTIME MENGGUNAKAN NOTIFIKASI BERBASIS ANDROID

Fathorazi Nur Fajri, Wali Jafar Shodiq

Abstract


Era transportasi umum telah berubah dimana pada awalnya kita harus menunggu untuk mendapatkan transportasi umum. Pada saat ini kita cukup melakukan pemesanan online. Hal ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan seperti Go-Jek, Uber, Grab dan lain lain. Tiket bis antar kota antar provinsi (AKAP) beberapa perusahaan juga menyediakan pemesanan tiket secara online akan tetapi untuk antar bus kota dalam provinsi (AKDP) masih kurang tersedia informasi terkait jam keberangkatan dan tarif yang diberlakukan. Sehingga membuat beberapa orang menunggu bus mereka dipinggir jalan. Memanfaatkan teknologi smartphone yang mempunyai notifikasi untuk mengingatkan pengunanya serta dikombinasikan dengan data realtime server sehingga terbentuk aplikasi fire bus. Dengan menggunakan aplikasi ini Fire Bus ini masyarakat tidak perlu menunggu yaitu cukup dengan melihat informasi jam keberangkatan berdasarkan kota – kota singgah yang tertera pada tiket. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh sebanyak 50 pengguna aplikasi mendapat hasil rata rata kurang dari 6.6 menit untuk estimasi waktu keberangkatan dan 90% baik untuk tampilan dan informasi yang diberikan

Keywords


Notifikasi, Bus, Android, Realtime

References


F. Fitriya, "Hasil Survei: Ternyata Transportasi Umum Ini yang ‘Digandrungi’ Orang Indonesia," [Online]. Available: https://www.cermati.com/artikel/hasil-survei-ternyata-transportasi-umum-ini-yang-digandrungi-orang-indonesia. [Accessed 10 Januari 2018].

Y. Fauziah, H. C. Rustamaji and R. P. Ramadhan, "Penerapan Mobile Crowdsourching Untuk Estimasi Waktu Kedatangan Bis Berdasarkan Informasi Masyarakat.," Lontar Komputer: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 7, pp. 150-161, 2016.

M. Rachman, "Sistem Informasi Transportasi Bus Antar Kota di Pulau Jawa Berbasis Web," 2012.

R. Y. Pratama, "SISTEM INFORMASI JADWAL KEBERANGKATAN BUS UPT TERMINAL TAWANG ALUN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION)," 2016.

N. S. H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2012.

A. Imaduddin and S. Permana, Menjadi Android Developer Expert, Bandung: PT Presentologics, 2018.

M. Irsan, "Rancang bangun aplikasi mobile notifikasi berbasis android untuk mendukung kinerja di instansi pemerintahan," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), vol. 3, no. 1, pp. 115 - 120, 2015.

F. K. S. Dewi, T. D. Indriasari and Y. Prayogo, "Rancang Bangun Aplikasi Pengingat Kegiatan Akademik Berbasis Mobile," Jurnal Buana Informatika, vol. 7, 2016.

D. E. Kurniawan, "Push Notification System Pada Prototype Kendali Listrik Rumah," Computer Engineering, Science and System Journal, vol. 2, no. 2, pp. 89-92, 2017.

S. Nidhra and J. Dondeti, "Black box and white box testing techniques-a literature review," International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA), vol. 2, no. 2, pp. 29-50, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.36564/njca.v4i2.128

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36564/njca.v4i2.128.g63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fathorazi Nur Fajri, Wali Jafar Shodiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

NJCA(Nusantara Journal of Computers and Its Applications)
Published by Computer Society of Nahdlatul Ulama, Indonesia.
Office : PO.BOX 1 Paiton Probolinggo kodepos 67291 Jawa Timur, Indonesia

DECREE OF THE MINISTER OF LAW AND HUMAN RIGHTS OF THE REPUBLIC OF INDONESIA
NUMBER AHU-0060541.AH.01.07.YEAR 2016